Article Detail

SMP Santo Yosef Terapkan Pembelajaran Menarik


SMP Santo Yosef merupakan salah satu sekolah swasta terbaik yang ada di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Pembelajaran di sekolah ini dikemas secara menarik oleh para guru yang sudah ahli dibidangnya. Mereka mulai menerapkan pembelajaran menarik semenjak mereka terjun langsung ke dunia pendidikan. Salah satu contoh dari penerapan pembelajaran tersebut terjadi dalam pembelajaran Biologi.
Pada pelajaran ini, para siswa-siswi tidak hanya belajar teori secara terus-menerus. Mereka langsung mempraktikkan teori tersebut, sehingga siswa-siswi tidak bosan saat mengikuti pembelajaran.
Cara yang dipersiapkan para guru untuk menerapkan pembelajaran menarik di SMP Santo Yosef adalah dengan terlebih dahulu menjelaskan materi, agar para siswa-siswi memahami dasar dari materi yang dipelajari. Mereka memberikan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, agar siswa-siswi dapat dengan mudah paham akan materi. Dengan demikian, lebih jelas lagi para siswa-siswi diajak untuk melakukan praktik dan pengamatan.
Beberapa waktu yang lalu, para siswa-siswi belajar mengenai ekosistem. Para siswa-siswi diarahkan untuk mengamati ekosistem yang ada di lingkungan sekolah, tepatnya di kebun sekolah. Para siswa-siswi diwajibkan untuk membawa tali rafia, gunting, meteran baju, dan alat-alat tulis. Alat-alat itu digunakan untuk membuat lokasi pengamatan. Setelah lokasi sudah ditentukan, barulah para siswa-siswi melakukan pengamatan layaknya para profesor.
Para siswa-siswi melakukan pengamatan dengan saksama dan teliti. Beberapa siswa-siswi juga mendata banyaknya komponen biotik maupun komponen abiotik. Beberapa komponen biotik yang ditemukan meliputi lebah, semut, kupu-kupu,a nggrek, dan matoa. Juga ada beberapa komponen abiotik seperti batu, tanah, air, udara, dan cahaya matahari.
Hal ini tentu membuat para siswa-siswi merasa lebih antusias dalam belajar, sehingga mereka tidak akan takut untuk lebih bereksplorasi dan mengeluarkan idenya. Tentu saja banyak hal yang mendukung pembelajaran ini. Pembelajaran ini juga sangat berguna bagi para siswa-siswi di masa yang akan datang.
“Pembelajaran menarik adalah pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa-siswi melalui praktikum, pengamatan, diskusi, nonton video,” kata Menurut Miss Sylvia.
Miss Sylvia menerapkan pembelajaran menarik dalam pembelajaran biologi, supaya anak-anak lebih tertarik dengan pembelajaran tersebut. Ada beberapa pihak yang mendukung pembelajaran menarik ini, yaitu murid, guru pengampu dan pihak laboran.
Beberapa kendala saat menerapkan pembelajaran menarik ini, yaitu saat guru mengkondisikan siswa-siswi dan saat memfokuskan siswa-siswi pada pelajaran yang diberikan. Hal yang dibutuhkan untuk pembelajaran ini antara lain media pembelajaran dan buku panduan.
Selama di SMP Santo Yosef, pembelajaran ini tentunya sangat menguntungkan bagi guru-guru dan siswa-siswi, karena siswa-siswi lebih dapat mengerti apa yang diajarkan oleh guru tersebut.**Surya/Prasetyo

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment