Article Detail

SMP Santo Yosef Lahat Gelar Upacara Hardiknas

Lahat (8/5) bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019 atau biasa disingkat dengan Hardiknas. Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2019 ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah. Begitu juga dengan SMP Santo Yosef dan SD Santo Yosef Lahat menggelar upacara gabungan bertempat di lapangan SD Santo Yosef Lahat. Upacara dimulai pukul 07.15 WIB, diikuti para guru, karyawan, serta siswa SD dan SMP Santo Yosef Lahat dengan mengenakan seragam kotak-kotak lengkap dengan topi. Pagi-pagi hari siswa sudah berkumpul dan berbaris dengan rapi sesuai dengan kelasnya masing-masing. Upacara berlangsung dengan hikmat dan tertib, didukung kondisi cuaca yang cerah.
Bertindak selaku pembina upacara Bapak Samuel Hengki, S.Pd., guru SD Santo Yosef Lahat sedangkan bertindak sebagai petugas upacara siswa SMP Santo Yosef. Dalam amanatnya membacakan sambutan menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy. Dalam amanatnya Bapak Hengky mengajak seluruh siswa untuk mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13 tentang tujuan pendidikan nasional.
Petugas upacara melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tahun ini pemerintah mengusung tema Hari Pendidikan Nasional 2019, "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan". Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan. Selamat hari pendidikan nasional mari kita berikan yang terbaik untuk Indonesia, jayalah Indonesia, jayalah kita semua.**WL
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment