Article Detail

Membangun Jiwa Wirausaha Kreatif di Era Teknologi dengan Kewirausahaan

Suasana riuh dan penuh semangat menyelimuti aula SMP Santo Yosef Lahat tempat berlangsungnya kegiatan P5 pada Kamis 21 November 2024. Kegiatan P5 dengan tema Membangun Wirausaha Kreatif di Era Teknologi ini bertujuan untuk membangun jiwa wirausaha kreatif di kalangan siswa kelas 9 SMP Santo Yosef Lahat. Kegiatan yang mengajak peserta didik untuk merancang dan menjual makanan serta minuman kekinian ini berjalan dengan sukses..

Sebagai bagian dari persiapan, peserta didik kelas 9 SMP Santo Yosef Lahat telah diberikan materi mengenai kewirausahaan dan riset pasar pada 19-20 November, baik itu dari guru maupun dari alumni yang membagikan pengalaman berwirausahanya. Setelah itu, mereka diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil jualan mereka pada 22 November, dalam sesi refleksi dan pemaparan.

Dalam wawancara dengan Dea, salah satu peserta didik dari kelas 9B, ia mengungkapkan bahwa kelompoknya memilih untuk membuat "mercon" (cemilan pedas) dan "es lumut” sebagai produk jualan mereka. "Kami memilih makanan ini karena jarang sekali dijual di pasaran. Selain itu, dengan modal 300 ribu rupiah, kami bisa mendapatkan keuntungan sekitar 50% yang akan dibagi rata antar anggota kelompok," ujar Dea penuh semangat sembari membungkus “es lumut” pesanan salah satu pelanggan. 

Tidak hanya siswa yang antusias, tetapi pembeli juga merasa senang dengan produk yang ditawarkan. Irene, seorang pembeli dari kelas 5A SD Santo Yosef Lahat, mengaku tertarik membeli sandwich rumput laut yang dipromosikan melalui media sosial. "tau dari medsos dan promosi dari kakak-kakak, dan datang ke sini untuk mencoba. Rasanya enak dan saya senang untuk membeli makanan dan minuman di sini,” kata Irene.

Dengan sistem pre-order (PO) dan penjualan secara langsung, hasil penjualan para siswa tidak membutuhkan waktu lama untuk habis terjual. Keberhasilan penjualan ini menunjukkan bahwa ide-ide kreatif yang diterapkan dalam kegiatan P5 sangat relevan dan dapat langsung diterima pasar.

Kegiatan P5 ini memberikan pengalaman berharga bagi siswa SMP Santa Maria, tidak hanya dalam menciptakan produk yang menarik tetapi juga dalam mengelola bisnis kecil. Ini menjadi langkah awal bagi mereka untuk mengenal dunia kewirausahaan dan teknologi, serta bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat belajar untuk berinovasi, bekerja sama, dan memanfaatkan peluang dalam dunia bisnis yang semakin berkembang di era digital.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment